Identifikasi Konsep User Experience pada Layanan Website Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Menggunakan Metode Frank Y. Guo
DOI:
https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i3.69Keywords:
user experience, website perpustakaan UMSU, metode Frank Y. GuoAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pengalaman pengguna atau user experience (UX) diimplementasikan pada website Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang dikembangkan oleh Frank Y Guo. Metode ini mencakup empat elemen utama: nilai, kemudahan penggunaan, adaptabilitas, dan keteringinan. Data dikumpulkan melalui wawancara dan studi kepustakaan untuk memberikan gambaran yang mendalam dan kaya tentang bagaimana pengguna berinteraksi dan merespons website. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website perpustakaan telah berhasil memberikan user experience yang positif. Fitur dan konten yang disediakan di website telah memenuhi fungsi produk dan telah disesuaikan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan informasi pengguna. Selain itu, aksesibilitas menjadi faktor penting dalam UX. Desain visual yang inovatif dan konten yang mudah dipahami juga menjadikan website ini menarik untuk pengguna, mendorong mereka untuk terus menggunakannya.
References
Appleton, Leo. (2016). “Key Issue User Experience (UX) in Libraries: Let’s Get Physical (and Digital).” Insights: The UKSG Journal 29 (3): 224–27. https://doi.org/10.1629/uksg.317.
Awory, W. P., & Nurizzati, N. (2023). Penerapan Kode Etik Pustakawan di Perpustakaan Terpadu Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Padang. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(2), 44–52. https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i2.30
Ghina, Besty, Hafiz Ma, Jhordy Wong, Dewi Agushinta, and R Metty. (2019). “Analisis User Experience terhadap Website Perpustakaan Universitas Gunadarma dengan Metode Heuristic Evaluation.” Jurnal Ilmiah Komputasi 18 (3). https://doi.org/10.32409/jikstik.18.3.2589.
Guo, Frank Y. (2012). “Not Just Usability –The Four Elements of User Experience Usability–Is It Easy to Complete Tasks?” Journal of Management Information Systems.
Gylje, Sarah. (2022). User Experience in Libraries A Literature Study. Sweden: Högskolan i Borås.
Munawaroh, Laylatul. (2021). Penggunaan Konsep User Experience terhadap Layanan Situs Web Perpustakaan. PUSTABIBLIA, 5 (2). http://dx.doi.org/10.18326/pustabiblia.v5i2.323-346.
Priestner, Andy, and Matt Borg. (2016). “Uncovering Complexity and Detail: The UX Proposition.” User Experience in Libraries: Applying Ethnography and Human-Centred Design, 1–8. https://doi.org/10.4324/9781315548609-1.
Samrgandi, Najwa. (2020). “User Experience of Academic Library Websites.” International Journal of Computer Science and Mobile Computing 9 (11): 57–69. https://doi.org/10.47760/ijcsmc.2020.v09i11.006.
Septa. (2020). “Kajian User Experience Website UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro.” Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, no. February: 1–7.
Winter, J. (2015). What is User Experience?. [online] diakses dari: https://www.usertesting.com/blog/2015/08/13/what-is-userexperience.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Ma’rifah, Anis Masruri, Kartika Puspita Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0). This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for non-commercial purposes, as long as they give appropriate credit to the original author(s) and Educaniora.